Apa itu Zat Radioaktif ?

Bahan radioaktif ada di sekitar kita. Beberapa yang bermanfaat, sementara yang lain mungkin menyebabkan kita bahaya. Dalam pelajaran ini Anda akan belajar apa yang bahan radioaktif yang mengeksplorasi dan di mana mereka berasal dan bagaimana mereka dapat berguna bagi kita.


Apakah itu Radioaktivitas?
Segala sesuatu di bumi terbuat dari atom, tetapi Anda dapat melihat bahwa tidak semua di bumi adalah sama. Hal ini karena semuanya terbuat dari berbagai jenis atom disebut elemen. Atom benar-benar, benar-benar, benar-benar kecil, tapi setiap atom dari unsur terbuat dari partikel-partikel subatomik yang lebih kecil. Ini adalah proton, neutron, dan elektron dari atom.

Jumlah proton menentukan apa elemen yang atom. Sebagai contoh, sebuah atom dengan 8 proton selalu oksigen, dan atom dengan 80 proton selalu merkuri. Jika Anda mengubah jumlah proton, Anda mengubah elemen.

Satu hal yang bisa mengubah meskipun adalah jumlah neutron. Mari kita lihat karbon misalnya. Sebuah atom karbon akan selalu memiliki 6 proton, tetapi mungkin memiliki 6, 7, atau 8 neutron. Atom-atom ini adalah isotop karbon, karena mereka adalah atom dari unsur yang sama yang memiliki jumlah neutron yang berbeda.

Ketika isotop yang tidak stabil, yang berarti bahwa mereka memiliki ketidakseimbangan neutron dan proton, mereka radioaktif. Atom karbon dengan 6 neutron, juga disebut karbon-12 karena kita hanya menambahkan jumlah proton dan neutron untuk mendapatkan namanya, dan atom karbon dengan 7 neutron, juga disebut karbon-13, keduanya stabil. Hal ini karena jumlah proton dan neutron dalam keseimbangan yang baik.

Atom karbon dengan 8 neutron (Anda dapat menebaknya - karbon-14) tidak stabil, meskipun. Atom ini radioaktif karena memiliki terlalu banyak energi, sehingga tidak stabil. Setelah beberapa saat, energi ekstra akan dilepaskan dari atom yang tidak stabil. Proses ini disebut peluruhan radioaktif. Setelah cukup energi dilepaskan kembali atom ke keadaan stabil dan tidak lagi radioaktif. Semua bahan radioaktif pada akhirnya membusuk, hanya saja tidak pada tingkat yang sama.

Alpha, Beta, & Sinar Gamma
Energi ekstra, atau radiasi, yang dipancarkan oleh unsur radioaktif datang dalam tiga jenis: alfa, beta, dan gamma. Radiasi alpha adalah aliran partikel alpha, yang bermuatan positif. Mereka cukup besar, yang berarti mereka memiliki waktu yang sulit mendapatkan melalui materi seperti pakaian dan kertas.

Radiasi beta adalah aliran partikel beta, yang bermuatan negatif. Partikel-partikel ini dapat lebih mudah menembus bahan seperti pakaian, dan mereka bahkan bisa mendapatkan jauh ke dalam kulit Anda di mana mereka dapat membahayakan sel-sel Anda. Tapi mereka dapat diblokir dengan bahan padat seperti aluminium.

Radiasi gamma adalah frekuensi tinggi radiasi elektromagnetik. Sinar gamma tidak memiliki biaya, tetapi memiliki BANYAK energi; lebih banyak energi daripada cahaya bahkan terlihat atau sinar-X. Karena itu, mereka dapat melewati menembus sebagian besar bahan, membuat mereka sangat berbahaya. Tapi mereka tidak bisa menembus material yang sangat padat seperti timbal, yang mengapa Anda mungkin akan diberi rompi memimpin untuk perlindungan di rumah sakit atau laboratorium.
Apa itu Zat Radioaktif ? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ary Tri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar